GAMBARAN KINERJA PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN KASUS DIABETES MELITUS PADA RUANG FIRDAUS DAN MULTAZAM DI RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Isnani, Isnani (2010) GAMBARAN KINERJA PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN KASUS DIABETES MELITUS PADA RUANG FIRDAUS DAN MULTAZAM DI RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210060058.PDF

Download (46kB)
[img] PDF
J210060058.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Salah satu standar yang dipergunakan untuk menilai seberapa baik asuhan keperawatan adalah penilaian terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan. Pendokumentasian juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian, keuangan, hukum dan etika. Kegiatan asuhan keperawatan saat ini masih banyak menemui kesulitan yang salah satunya disebabkan oleh banyaknya variasi format dalam dokumentasi serta minimnya waktu pendokumentasian. Standar pendokumentasian asuhan keperawatan meliputi aspek pengkajian, diagnosis, perencanaan, intervensi, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya gambaran dalam pendokumentasian asuhan keperawatan kasus diabetes melitus pada ruang firdaus dan multazam di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitian menggunakan non eksperimental dengan rancangan deskriptif. Populasi penelitian adalah data dokumentasi asuhan keperawatan diabetus mellitus di ruang firdaus dan multazam berdasarkan data rekam medis di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling, dan sampel yang didapatkan peneliti sebanyak 24 dokumentasi pada kasus diabetes melitus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendokumentasian asuhan keperawatan pada aspek pengkajian 84,38%, aspek diagnosa 91,68%, aspek perencanaan 97,29%, aspek tindakan 100% dan aspek evaluasi 95,83% dinyatakan lengkap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Kata kunci: kinerja perawat, pendokumentasian, asuhan keperawatan diabetes melitus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja perawat, pendokumentasian, asuhan keperawatan diabetes melitus
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 11 Feb 2011 09:29
Last Modified: 11 Feb 2011 09:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10368

Actions (login required)

View Item View Item