ANALISIS PERHITUNGAN OEE (OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS) DENGAN MULTIPLE REGRESI SEBAGAI METODE UNTUK MENGETAHUI LOSSES YANG PALING BERPENGARUH(Studi kasus: CV. Mediatama)

NUGROHO, ANDHIKA FAJAR (2010) ANALISIS PERHITUNGAN OEE (OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS) DENGAN MULTIPLE REGRESI SEBAGAI METODE UNTUK MENGETAHUI LOSSES YANG PALING BERPENGARUH(Studi kasus: CV. Mediatama). Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D600060007.pdf

Download (140kB)
[img] PDF
D600060007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

Dunia Industri manufaktur sekarang berkembang sangat pesat. Setiap perusahaan harus selalu melakukan peningkatan secara berkelanjutan (continous improvement) di setiap departemen agar mampu bersaing dalam era globalisasi, khususnya di lini produksi. Sistem perawatan yang dilakukan juga sangat berpengaruh terhadap nilai produktivitas mesin itu sendiri. CV. Mediatama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan dan percetakan. Penelitian dilakukan pada mesin Web Harries V-15 karena mempunyai utilitas yang cukup tinggi. Seringkali peningkatan yang dilakukan tidak tertuju pada akar masalah yang sedang terjadi dan terjadi pemborosan, pada akhirnya banyak kerugian yang terjadi: waktu, biaya, dan masalah bertambah. Agar mampu melakukan peningkatan sesuai dengan pokok permasalahan yang terjadi dengan menghitung Overall Equipment Effectiveness (OEE) yang merupakan bagian dari metode Total Productive Maintenance (TPM) dan menggunakan persamaan multiple regresi untuk mengetahui losses yang paling berpengaruh terhadap rendahnya nilai OEE. Hasil penelitian ini dengan menghitung data pada mesin Web Harries V-15 menghasilkan nilai rata-rata perhitungan availability rationya adalah 87,31 %, performance rationya adalah 70,13 %, quality rationya adalah 87,02 %, dan rata-rata nilai OEEnya adalah 54,85 %. Menggunakan multiple regresi menghasilkan persamaan Y= 0.9663 - 0.0928X1 - 0.1132X2 - 0.1118X3, dengan variable independent defect ( X1 ), unscheduled downtime ( X2 ), dan speed losses (X3) dan variable dependent Y adalah nilai OEE.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Overall Equipment Effectiveness (OEE), Multiple Regresi, Total Productive Maintenance (TPM)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 10 Feb 2011 09:16
Last Modified: 11 Jun 2012 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10351

Actions (login required)

View Item View Item