PENENTUAN POLA DISTRIBUSI LAUT YANG TEPAT UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA TRANSPORTASI DENGAN PENDISTRIBUSIAN YANG OPTIMAL (Studi Kasus PT.PERTAMINA Persero, Jakarta.)

WRESNIADHI, SRI BATHORO (2010) PENENTUAN POLA DISTRIBUSI LAUT YANG TEPAT UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA TRANSPORTASI DENGAN PENDISTRIBUSIAN YANG OPTIMAL (Studi Kasus PT.PERTAMINA Persero, Jakarta.). Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D600050051.pdf

Download (46kB)
[img] PDF
D600050051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Perencanaan distribusi merupakan salah satu segi dari masalah intern perusahaan yang tidak kalah penting dari faktor lainnya seperti perencanaan penjualan maupun masalah keuangan. Semakin luas jaringan distribusi yang ada tentunya akan menimbulkan masalah baru, khususnya masalah pengangkutan, pengalokasian produk tersebut dan biaya yang dikeluarkan. Penelitian ini membahas mengenai pendistribusian produk premium di PT. PERTAMINA (Persero) dengan menggunakan metode transportasi yang mencakup tiga metode, yaitu : Metode North West Corner, metode Least Cost, dan Metode Vogel. Sehinggadapat diketahui jumlah pasokan premium yang akan dikirim, pola jalur distribusi dan biaya yang optimal dalam pendistribusian produk premium. Dari hasil analisa penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode transportasi biaya yang dikeluarkan PT. PERTAMINA dapat dioptimalkan Rp 11,925,183,513,-atau sebesar 40 % dari biaya aktual.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: north west corner , least cost, vogel, MODI
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 10 Feb 2011 08:54
Last Modified: 11 Jun 2012 07:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10343

Actions (login required)

View Item View Item