PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI “POSYANDU REMAJA” PADA SISWA SMP AL AZHAR SYIFA BUDI SOLO

Kartikaningtyas, Fitri (2010) PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI “POSYANDU REMAJA” PADA SISWA SMP AL AZHAR SYIFA BUDI SOLO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100060033.pdf

Download (674kB)
[img] PDF
F100060033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Setiap orang ingin atau mendambakan tumbuh, berkembang, dan maju. Terutama pada remaja, yang berada dalam proses perkembangan yang berisi rentetan perubahan ke arah yang lebih tinggi, luas, dan kompleks. Dibutuhkan sebuah wadah yang dapat mengembangkan remaja dan memfasilitasinya, salah satunya adalah Posyandu Remaja. Latar belakang dari adanya Posyandu Remaja ini adalah adanya keprihatinan terhadap kondisi remaja dan belum ada wadah yang memfasilitasi sehubungan dengan polemik yang mengiringi kehidupan remaja. Berbagai keingintahuan dan gejolak yang ingin ditumpahkan belum terealisir. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program pengembangan diri “Posyandu Remaja” pada siswa SMP Al Azhar Syifa Budi Solo. Secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan manfaat-manfaat, mendeskripsikan faktor-faktor serta mengetahui hambatan-hambatan yang dialami selama program Posyandu Remaja berlangsung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Posyandu Remaja adalah sebuah wadah yang memfasilitasi remaja dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber dan ditujukkan kepada siswa dan remaja pada umumnya. Manfaat dari adanya program ini adalah menstimulasi remaja dalam menghadapi masa puber dengan segala permasalahnnya, mulai dari kegiatan bersosialisasi sampai adanya kesadaran untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan mengerjakan apa yang menjadi kewajibannya Hambatan-hambatan yang dialami selama program pengembangan diri ”Posyandu Remaja” adalah adanya krisis identitas yang terjadi pada masa puber yang menimbulkan kekacauan dalam diri remaja dikarenakan adanya kebingunan status yang membuat remaja harus bersikap sesuai dengan usianya tanpa merugikan pihak-pihak di sekitar mereka. Sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhi program pengembangan diri ”Posyandu Remaja” terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal berupa keinginan untuk mengetahui seluk beluk masa remaja dan permasalahannya serta untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Sedangkan faktor eksternal yaitu situasi dan kondisi dari lingkungan sekolah serta lingkungan sekitar. Ketercapaian dari program pengembangan diri ”Posyandu Remaja” dapat dilihat dari peningkatan kesadaran tentang masa remaja, pemahaman perkembangan fisik dan emosi serta bagaimana aspek agama menuntun remaja agar dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi di masa transisi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Diri, Posyandu Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 09 Feb 2011 09:04
Last Modified: 13 Jun 2012 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10329

Actions (login required)

View Item View Item