Pandangan Hukum Islam Terhadap Penjualan Produk Skincare Dengan Sistem Share In Jar (Studi Kasus Toko Online Share On You Surakarta)

Shabrina, Alifa Nur and , Dr. Muthoifin, M.Ag. (2022) Pandangan Hukum Islam Terhadap Penjualan Produk Skincare Dengan Sistem Share In Jar (Studi Kasus Toko Online Share On You Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (966kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)

Abstract

Dalam dunia ini manusia membutuhkan manusia lain karena manusia merupakan makhluk sosial untuk memenuhi kebutuhannya seperti kegiatan berniaga, dimana antara penjual dan pembeli saling bertemu. Namun karena teknologi semakin berkembang pesat seiring dengan teknologi yang semakin canggih, maka penjual dan pembeli tidak haus bertemu secara langsung di suatu tempat, semakin berkembangnya zaman pula barang yang ditawarkan oleh penjual kepada pembeli pun semakin beragam, contohnya seperti produk skincare dengan kemasan share in jar (membagi atau memindahkan produk asli ke kemasan atau wadah lain yang berukuran lebih kecil/travel size) yang akan penulis bahas dalam penelitian ini. Penelitian ini memiliki rumusan masalahnya yakni bagaimana pandangan hukum Islam terhadap penjualan produk skincare dengan sistem share in jar dan apakah praktik jual beli toko Share On You terdapat unsur gharar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai pandangan hukum Islam terhadap penjual produk skincare dengan sistem share in jar pada toko Share On You, dan mengetahui apakah praktik jual beli yang dilakukan oleh toko Share On You mengandung unsur gharar. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif. Setelah menganalisis data yang penulis dapatkan, penelitian ini memiliki hasil yang pertama, praktik jual beli yang dilakukan oleh toko Share On You pada umumnya sama dengan toko lain yang menjual produk skincare dengan sistem share in jar, namun yang membedakan adalah, toko Share On You memberikan nama produk dan tanggal kedaluwarsa dari produk, sehingga pembeli dapat mengetahui dengan jelas mengenai produk yang mereka pakai dan kapan masa pakai dari produk tersebut. Yang kedua, praktik jual beli yang dilakukan oleh toko Share On You sudah sesuai dengan syariat Islam, karena sudah terpenuhinya syarat dan rukun jual beli, serta tidak terdapat kemadharatan di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Share In Jar, Gharar
Subjects: B Philosophy (General) > BA Islam > BA12 Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: ALIFA NUR SHABRINA
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:53
Last Modified: 24 Sep 2022 02:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/103277

Actions (login required)

View Item View Item