HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PEMANFAATAN RUANG PUBLIK DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PENGHUNI RUMAH SUSUN KOPASSUS DI CIJANTUNG

Sari, Hendria Novitika (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PEMANFAATAN RUANG PUBLIK DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PENGHUNI RUMAH SUSUN KOPASSUS DI CIJANTUNG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100060004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img]
Preview
PDF
F100060004.pdf

Download (34kB)

Abstract

Ada penghuni rumah susun yang tidak dapat berinteraksi sosial dengan masyarakat sekitarnya sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman untuk tinggal di tempat tersebut.Untuk dapat melakukan penyesuaian sosial maka individu harus memelihara hubungan yang baik terhadap lingkungan sekitarnya. Hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya sangat dipengaruhi oleh persepsi. Persepsi tentang hunian dan komunitasnya dipengaruhi faktor perbedaan individual yang dapat menimbulkan efek yang menguntungkan atau merugikan dalam berinteraksi dengan komunitasnya.Salah satu solusi untuk masalah sosial ini adalah penggunaan ruang publik yang tidak hanya berisi nilai-nilai sosial keragamannya, namun juga dapat mendorong penduduk untuk berinteraksi dengan cara-cara yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara persepsi terhadap pemanfaatan ruang publik dengan penyesuaian sosial penghuni rumah susun; 2) Sejauh mana persepsi terhadap pemanfaatan ruang publik pada penghuni rumah susun; 3) Sejauh mana penyesuaian sosial penghuni rumah susun. Hipotesis yang penulis ajukan: Ada hubungan yang positif antara persepsi terhadap pemanfaatan ruang publik dengan penyesuaian sosial. Semakin baik kualitas persepsi terhadap pemanfaatan ruang publik maka semakin tinggi penyesuaian sosial penghuni rumah susun. Metode penelitian ini menggunakan skala persepsi terhadap pemanfaatan ruang publik dan skala penyesuaian sosial, dimana populasinya adalah penghuni rumah susun yang tinggal di Rumah Susun kopassus yang beralamatkan di Cijantung-Jakarta Timur berjumlah 58 penghuni rumah susun. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala persepsi terhadap pemanfaatan ruang publik dan skala penyesuaian sosial. Teknik analisis data yang digunakan korelasi product moment.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, ruang publik, penyesuaian sosial, komunitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 09 Feb 2011 08:40
Last Modified: 02 Jul 2012 08:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10323

Actions (login required)

View Item View Item