HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMATANGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR

RAHMAD, ARIS (2010) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMATANGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050320.pdf

Download (66kB)
[img] PDF
F100050320.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)

Abstract

Disusunnya skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan bahwa banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Disamping itu beberapa riset menunjukkan ada hubungan antara perkembangan sosial dan emosi terhadap prestasi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kematangan sosial dengan prestasi belajar pada siswa PPM. Assalam. Hipotesis yang diajukan adalah 1) ada hubungan antara kecerdasan emosional dan kematangan sosial dengan prestasi belajar, 2) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar, 3) ada hubungan positif antara kematangan sosial dengan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra dan putri PPM. Assalam yang duduk di kelas 11 dan 12. Peneliti menggunakan metode dokumentasi dan metode angket terhadap 254 subjek yang memenuhi syarat. dengan perincian 100 orang ditetapkan untuk uji coba skala penelitian dan 154 orang untuk penelitian. Data penelitian diperoleh melalui skala kecerdasan emosional, skala kematangan sosial dan dokumentasi hasil belajar siswa (raport), kemudian dianalisis dengan analisis regresi dua prediktor. Hasil analisis regresi diperoleh R = 0.517 dengan p  0.01 dan Fregresi = 27,577 dengan p  0.01 yang berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dan kematangan sosial dengan prestasi belajar. Hasil korelasi kecerdasan emosional dengan prestasi belajar diperoleh rxy-1 = 0.344 p  0.05 sehingga hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Hasil korelasi kematangan sosial dengan prestasi belajar sebesar rx2y-2 = 0.434 dengan p  0.05 hal ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kematangan sosial dengan prestasi belajar. Rerata empirik kecerdasan emosi lebih besar dari rerata hipotik (159,052 >137,5) berarti kecerdasan emosional subjek tergolong tinggi, rerata empirik kematangan sosial lebih besar dari rerata hipotetik (148,143 > 132,5) yang berarti kematangan emosi subjek berada pada taraf sedang, Sumbangan efektif untuk variabel x1 (kecerdasan emosional) = 7,951 % dan variabel x2 (kematangan sosial) = 18,799 %. Hal ini berarti antara kecerdasan emosional dan kematangan sosial memiliki sumbangan efektif terhadap prestasi belajar sebesar 26,754 %. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dan kematangan emosi dengan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN EMOSIONAL, KEMATANGAN SOSIAL, PRESTASI BELAJAR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 09 Feb 2011 08:36
Last Modified: 13 Jun 2012 06:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10322

Actions (login required)

View Item View Item