IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA BANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pacitan)

FARIZANDI, DONY (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA BANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pacitan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410060190.pdf

Download (62kB)
[img] PDF
A410060190.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan alat peraga, 2) meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan kubus dan balok, 3) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan alat peraga bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI Ak4 SMK Negeri 2 Pacitan yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang antusias dalam belajar sebelum tindakan sebesar 24,3%, sesudah tindakan menjadi 78,3%, 2) siswa yang mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 16,2%, sesudah tindakan naik menjadi 62,1%, 3) siswa yang menanggapi pertanyaan yang diajukan guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 35,1%, sesudah tindakan naik menjadi 83,7%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebesar 48,6%, sesudah tindakan naik menjadi 89,2%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model SAVI dalam pembelajaran matematika pokok bahasan kubus dan balok dengan mengoptimalkan alat peraga bangun ruang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sehingga berdampak pada prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Feb 2011 05:10
Last Modified: 08 Jun 2012 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10317

Actions (login required)

View Item View Item