PENGARUH APLIKASI ELECTRONIC MEDICAL RECORD (EMR) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI UNIT REKAM MEDIS RUMAH SAKIT PERTAMINA CILACAP

IRMINA GEY, LUSIA (2010) PENGARUH APLIKASI ELECTRONIC MEDICAL RECORD (EMR) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI UNIT REKAM MEDIS RUMAH SAKIT PERTAMINA CILACAP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J410080206.pdf

Download (58kB)
[img] PDF
J410080206.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)

Abstract

Rekam medis elektronik adalah penggunaan metode elektronik untuk pengumpulan, penyimpanan, pengolahan serta pengaksesan rekam medis pasien di rumah sakit yang telah tersimpan dalam suatu sistem manajemen basis data multimedia yang menghimpun berbagai sumber data medis. Dengan adanya suatu aplikasi yang didesain sesuai kebutuhan informasi, dapat meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan dan dapat memberikan kepuasan bagi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi EMR terhadap kepuasan pengguna di Unit Rekam Medis Rumah Sakit Pertamina Cilacap. Jenis penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian adalah pengguna EMR dengan sampel sebanyak 39 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Dengan bantuan program SPSS versi 13.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan aspek kemudahan akses aplikasi EMR terhadap kepuasan pengguna (p=0,001); (2) ada pengaruh yang signifikan aspek keamanan aplikasi EMR terhadap kepuasan pengguna (p=0,001); (3) ada pengaruh yang signifikan aspek fleksibilitas aplikasi EMR terhadap kepuasan pengguna (p=0,012); (4) tidak ada pengaruh yang signifikan aspek koneksi aplikasi EMR terhadap kepuasan pengguna (p=0,554); (5) ada pengaruh yang signifikan aspek keandalan aplikasi EMR terhadap kepuasan pengguna (p<0,001); (6) ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama aspek kemudahan akses, keamanan, fleksibilitas, koneksi dan keandalan terhadap kepuasan pengguna (p<0,001).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EMR, Kepuasan Pengguna
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Tri Mulyati
Date Deposited: 04 Feb 2011 09:59
Last Modified: 04 Feb 2011 09:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10307

Actions (login required)

View Item View Item