PENGARUH KARAKTERISTIK INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DI RUMAH SAKIT ORTOPEDI PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA

HARYATI, TRI (2010) PENGARUH KARAKTERISTIK INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DI RUMAH SAKIT ORTOPEDI PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J410080204.pdf

Download (175kB)
[img] PDF
J410080204.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sistem informasi manajemen (SIM) bertujuan untuk memberikan dukungan berupa pengolahan transaksi pada tingkat operasional dan sedikit dukungan pada tingkat perencanaan taktis serta pengendalian manajemen. SIM yang memiliki karakteristik broadscope, aggregation, integration, timeliness, accuracy, dan clarity berperan untuk membantu memprediksi konsekuensi yang mungkin terjadi atas berbagai tindakan yang dapat dilakukan pada aktivitas peningkatan kinerja manajer secara efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh karakteristik informasi terhadap kinerja manjerial. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajer di Rumah Sakit Orthopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis analitik. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 16.0. Hasil analisis diperoleh nilai Sig. F (0.00) < Sig alpha (0.05) yang artinya terdapat pengaruh secara bersama-sama semua variabel karakteristik informasi (broadscope, aggregation, integration, timeliness, accuracy, dan clarity) terhadap kinerja manajerial. Pengaruh karakteristik informasi pada penelitian ini yaitu sebesar 54,70%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik informasi, sistem informasi manajemen, dan kinerja manajerial.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2011 09:48
Last Modified: 04 Feb 2011 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10305

Actions (login required)

View Item View Item