HUBUNGAN RASIO LINGKAR PINGGANG PINGGUL DENGAN PROFIL LIPID PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) DI POLIKLINIK JANTUNG RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA

SUPARJO , HASTO PUTRI (2010) HUBUNGAN RASIO LINGKAR PINGGANG PINGGUL DENGAN PROFIL LIPID PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) DI POLIKLINIK JANTUNG RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J310060057.pdf

Download (29kB)
[img] PDF
J310060057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

pembuluh darah, penyumbatan atau kelainan pembuluh nadi koroner oleh penumpukkan kolesterol terutama low density lipoprotein di dinding-dinding arteri koronaria atau aterosklerosis yang mengakibatkan pembuluh darah berkurang dan kinerja jantung terganggu serta menimbulkan nyeri dada. Lemak yang terdapat di dalam rongga perut lebih berhubungan dengan penyakit jantung, adanya lemak dalam rongga perut dapat diketahui dari hasil bagi antara lingkar pinggang dengan lingkar pinggul. Penelitian epidemiologis menunjukkan bahwa timbunan lemak dalam rongga perut yang diukur dengan rasio lingkar pinggang lingkar pinggul merupakan faktor prediksi yang kuat terhadap terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis hubungan rasio lingkar pinggang pinggul dengan profil lipid yang meliputi kolesterol total, HDL, LDL, trigliserida pada pasien penyakit jantung koroner. Metode Penelitian: Penelitian Observasional dengan pendekatan Cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien PJK di RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada bulan Agustus-September 2010, sebesar 26 sampel. Data rasio lingkar pinggang pinggul diukur secara langsung dan profil lipid dari data rekam medik pasien. Analisis hubungan menggunakan uji Spearman’s Rank. Hasil: Sebagian besar sampel berjenis kelamin perempuan 53,8%; sebagian besar sampel berpendidikan lanjut 61,5% dan sebagian besar sampel bekerja 80,8%. Sebagian besar sampel mempunyai rasio lingkar pinggang pinggul tinggi (84,6%); sebagian besar kolesterol total sampel tidak baik (57,7%); HDL sampel penelitian sebagian besar baik (92,6%); LDL sampel penelitian sebagian besar baik (57,7%) dan trigliserida sampel penelitian sebagian besar tidak baik (73,1%). Rata-rata umur sampel 62 tahun; rata-rata rasio lingkar pinggang pinggul 1,0038; rata-rata kadar kolesterol total 210,85 mg/dl; rata-rata kadar HDL 52,85 mg/dl; rata-rata kadar LDL 133,77 mg/dl dan rata-rata kadar trisgliserida 127,81 mg/dl. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan rasio lingkar pinggang pinggul dengan profil lipid yang meliputi kolesterol total, HDL, LDL, trigliserida. Saran: Penelitian lebih lanjut dengan jumlah sampel lebih banyak, memperhatikan faktor lain dan membedakan pasien lama dengan pasien baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/8011-001
Uncontrolled Keywords: Rasio lingkar pinggang pinggul, profil lipid, penyakit
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2011 09:25
Last Modified: 14 Sep 2022 07:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10298

Actions (login required)

View Item View Item