PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG TERIGU DAN TEPUNG BIJI NANGKA DALAM PEMBUATAN MIE BASAH TERHADAP KOMPOSISI PROKSIMAT DAN DAYA TERIMA

SUSENO, ADI AGUS (2010) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG TERIGU DAN TEPUNG BIJI NANGKA DALAM PEMBUATAN MIE BASAH TERHADAP KOMPOSISI PROKSIMAT DAN DAYA TERIMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J310060038.pdf

Download (106kB)
[img] PDF
J310060038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Meningkatnya konsumsi mie sebagai alternatif sumber kalori selain nasi, menyebabkan permintaan tepung terigu menjadi sangat tinggi. Untuk mengatasinya pemerintah berupaya memenuhi permintaan tepung terigu dengan mengimpor dari luar negeri. Ini membuktikan adanya ketergantungan pemerintah terhadap impor (Ariani, 2005). Salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan tersebut yaitu dengan pemanfaatan bahan pangan lokal, salah satunya pemanfaatan biji nangka yang dibuat tepung biji nangka. Tujuan pembuatan mie basah dengan perbandingan tepung terigu dan tepung biji nangka adalah untuk mengetahui komposisi proksimat dan daya terima mie basah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan yaitu perbandingan tepung terigu dan tepung biji nangka 100:0, 90:10, 80:20 dan 70:30. Data komposisi proksimat dan daya terima dianalisis dengan menggunakan uji statistik one way anova kemudian dilanjutkan uji LSD (Least Significant Difference). Hasil uji anova one way menunjukkan ada pengaruh perbandingan tepung terigu dan tepung biji nangka terhadap komposisi proksimat dalam mie basah. Pada uji daya terima tidak ada pengaruh perbandingan tepung terigu dan tepung biji nangka terhadap warna, aroma, rasa, tekstur dan kesukaan keseluruhan mie basah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk yang paling baik dilihat dari hasil uji komposisi proksimat dan daya terima adalah pada mie basah dengan perbandingan tepung terigu dan tepung biji nangka 90:10.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tepung biji nangka, mie basah, komposisi proksimat, daya terima.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2011 09:18
Last Modified: 04 Feb 2011 09:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item