HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG INFORMASI PADA LABEL MAKANAN DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA 1-3 TAHUN (BATITA) DI DESA PARE, SELOGIRI, WONOGIRI

NINGRUM , SINTA (2010) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG INFORMASI PADA LABEL MAKANAN DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA 1-3 TAHUN (BATITA) DI DESA PARE, SELOGIRI, WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J300070004.pdf

Download (161kB)
[img] PDF
J300070004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengetahuan gizi dipengaruhi oleh berbagai faktor, di samping pendidikan yang pernah dijalani, faktor lingkungan sosial dan frekuensi kontak dengan media massa juga mempengaruhi pengetahuan gizi. Salah satu sebab gangguan gizi atau karena gangguan status gizi adalah kurangnya pengetahuan gizi atau kemauan untuk menerapkan informasi tentang gizi dalam kehidupan sehari-hari. Label produk pangan telah menjadi alat kebijakan popular. Tujuan pelabelan gizi adalah untuk memberikan informasi tentang produk-produk makanan. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang informasi pada label makanan terhadap status gizi pada anak usia 1 – 3 tahun (batita). Penelitian ini menggunakan pendekatan crosssectional, karena variabel bebas maupun terikat di ambil pada waktu bersamaan. Populasi penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak usia 1- 3 tahun (batita) dengan jumlah 100 ibu yang bertempat tinggal di Kelurahan Pare. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan ibu tentang informasi pada label makanan terdapat 77% responden pengetahuan baik dan 23% responden berpengetahuan tidak baik. Sebagian besar status gizi batita pada sampel penelitian dalam kategori baik. Berdasarkan data 76,9 % balita mempunyai status gizi yang baik, status gizi kurang 12,82%, gizi buruk 5,13% dan gizi lebih 5,13. Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang informasi pada label makanan dengan status gizi pada anak usia 1-3 tahun (batita), menambah pengetahuan khususnya pada para ibu mengenai pentingnya informasi pada label makanan terhadap status gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan ibu, Informasi pada label makanan, Status gizi Perpustakaan : 33 : 1990 – 2009
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2011 08:34
Last Modified: 17 Sep 2022 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10281

Actions (login required)

View Item View Item