PERBEDAAN PENGARUH PEMBERIAN TRANSCUTANEOUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION DENGAN PENGOBATAN HERBAL TERHADAP PENURUNAN NYERI HAID (DISMENOREA) PADA MAHASISWI UMS

SABRINA , UMMI (2010) PERBEDAAN PENGARUH PEMBERIAN TRANSCUTANEOUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION DENGAN PENGOBATAN HERBAL TERHADAP PENURUNAN NYERI HAID (DISMENOREA) PADA MAHASISWI UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J110060010.pdf

Download (64kB)
[img] PDF
J110060010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

Nyeri haid/Dismenore merupakan rasa nyeri saat menstruasi yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri haid tersebut dapat diredakan diantaranya menggunakan TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation) dengan Herbal. TENS (Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation) merupakan suatu cara penggunaan energi listrik yang digunakan merangsang sistem syaraf melalui permukaan kulit yang dapat mengurangi nyeri. Herbal adalah obat yang diambil secara alami dari tumbuh-tumbuhan yang salah satu jenisnya dapat mengurangi nyeri haid/dismenore. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara pemberian AL-TENS,Convensional dan herbal terhadap penurunan nyeri haid/dismenore. Penelitian ini bersifat eksperimen semu, menggunakan sampel 90 orang dan memenuhi kriteria inklusi, 30 orang dengan perlakuan menggunakan Al-TENS, 30 orang perlakuan menggunakan Convensional dan 30 orang menggunakan Herbal. Analisa data menggunakan statistik parametric dengan uji beda Independent T Test dan Uji One Sampel T Test uji pengaruh. Hasil analisis pertama nyeri menggunakan skala VAS. Uji beda pengaruh Al-TENS dangan Convensional P=0,192 hasil menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikans. Kedua uji beda pengaruh Al-TENS dengan Herbal P=0,000 hasil menunjukkan ada perbedaan yang signifikans. Ketiga uji beda pengaruh Convensional dengan Herbal P=0,000 hasil menunjukkan ada perbedaan yang signifikans.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dimenorea, TENS dan Herbal.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 09:40
Last Modified: 13 Jun 2012 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10256

Actions (login required)

View Item View Item