MONITORING SISTEM KERJA DAN PENGEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER (NETWORKING) RUMAH SAKIT Dr. MOEWARDI RESIDEN BEDAH MENGGUNAKAN SIMULASI THE DUDE

SATYAGRAHAPRABU, ELSON FEZA (2010) MONITORING SISTEM KERJA DAN PENGEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER (NETWORKING) RUMAH SAKIT Dr. MOEWARDI RESIDEN BEDAH MENGGUNAKAN SIMULASI THE DUDE. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D400050083.pdf

Download (82kB)
[img] PDF
D400050083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rumah Sakit Dr Moewardi saat ini telah menjadi salah satu Rumah Sakit yang ternama di Surakarta. Sebagai salah satu lembaga pelayanan masyarakat, saat ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat, berbagai fasilitaspun disediakan secara bertahap dilakukan, termasuk fasilitas jaringan komputer ( networking ) sebagai jalur alternatif komunikasi data. Terganggunya sistem jaringan Komputer ( networking ) akan menimbulkan terhambatnya komunikasi data yang diperlukan, oleh karena itu diperlukannya suatu Network monitoring and Management System (NMS) yang baik, guna meminimalkan troubleshooting yang terjadi. Evaluasi Network monitoring and Management System (NMS) ini diawali dengan survey dan pencariaan data di Rumah sakit Dr.Moewari Surakarta khususnya ruangan SMF bedah gedung anggrek lantai 4, Ruang SMF bedah gedung mawar lantai 2, ruangan Residen Bedah Putra dan Putri gedung Anggrek lantai 1, dan Gedung IBS (Installasi Bedah Sentral ). Data-data yang digunakan didapat dari hasil wawancara (interview), informasi dari bagian perencanaan, survei ke lapangan. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi jaringan komputer di Rumah Sakit ini dilakukan dengan 2 cara yaitu simulasi menggunakan program The dude Monitoring dan dengan Pencatatan manual. Untuk meneliti traffic jaringan dan topologi basic/dasar yang telah tertata, dilakukan dengan cara Scant discovery menggunakan program The dude Monitoring dan untuk menguatkan hasil pencarian topologi secara simulasi, topologi tiap ruangan berserta troubleshooting-nya dilakukan dengan survey lapangan. Metode survey dan simulasi menunjukkan bahwa topologi jaringan komputer bisa efektif dan efisien, bila Rumah Sakit Dr. Moewardi menambahkan peralatan penunjang yang baru, berupa 1 unit Routerboard indoor sebagai kontrol traffic networking server dan 3 unit WAP (Wireless Acces Point) sebagai penyedia layanan wifi setiap ruangan. 16 unit Lan card sebagai pengganti Lan port onboard tiap CPU-nya dan mengganti kabel UPT yang lama dengan kabel UTP yang berkualitas lebih tinggi sebagai media transfer data guided antar komputer.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jaringan komputer, The dude Monitoring, Network monitoring and Management System (NMS)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 02 Feb 2011 09:08
Last Modified: 11 Jun 2012 08:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10237

Actions (login required)

View Item View Item