SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN KEGIATAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA BERBASIS WEB

FITRIAH, NUR AULIDAH (2010) SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN KEGIATAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA BERBASIS WEB. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D400030101.pdf

Download (68kB)
[img] PDF
D400030101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah unsur pelaksana akademik yang mempunyai tugas mengkooordinasi, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, mengusahakan pengendalian dalam hal penggunaan sumber daya, serta mengusahakan pengembangan dan peningkatan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Terkait dengan fungsinya, LPPM UMS membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat memberikan kemudahan bagi LPPM UMS pada khususnya dan civitas akademika pada umumnya. Berdasarkan permasalahan itu, maka penulis mencoba untuk merancang Sistem Informasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta Berbasis Web yang bertujuan untuk memberikan kemudahan mendapatkan informasi LPPM UMS. Perancangan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan sistem operasi Windows 7 Ultimate 32-bit. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan beberapa software, yaitu : XAMPP 1.7.0 yang didalamnya terdapat apache server 2.2.11, MySQL 5.1.30 dan PHP 5.2.8. selain itu juga menggunakan Ganesha Digital Library 4.2 (GDL 4.2). Pengujian sementara menggunakan teknologi localhost dengan web server Apache pada komputer stand alone, untuk pengujian lanjutan di-upload ke internet menggunakan hosting yang mendukung PHP dan MySQL. Sehingga dapat diketahui respon sistem jika diakses lebih dari satu user. Dapat diambil beberapa kesimpulan dari perancangan ini, yaitu : (a) aplikasi Sistem Informasi Pengolahan Kegiatan LPPM UMS Berbasis Web dirancang dengan menggunakan teknologi pemrograman PHP yang terkoneksi dengan MySQL. Dengan menggunakan pemrograman tersebut dihasilkan sebuah aplikasi yang dapat memberikan kemudahan bagi LPPM UMS pada khusunya dan civitas akademika pada umumnya. (b) aplikasi Sistem Informasi Pengolahan Kegiatan LPPM UMS Berbasis Web juga dibuat dengan menggunakan teknologi pemrograman Ganesha Digital Library 4.2 (GDL 4.2) berfungsi untuk mempercepat dalam pencarian informasi tentang hasil kegiatan LPPM UMS.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PHP, MySQL, GDL 4.2, LPPM UMS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 01 Feb 2011 10:06
Last Modified: 01 Feb 2011 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10218

Actions (login required)

View Item View Item