PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA KASUS OSTHEOARTHRITIS KNEE SINISTRA MODALITAS MWD, TENS DAN STRENGTHENING QUADRICEPS DI RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA

SUCIANTO , HARI TOPO (2010) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA KASUS OSTHEOARTHRITIS KNEE SINISTRA MODALITAS MWD, TENS DAN STRENGTHENING QUADRICEPS DI RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J100070008.pdf

Download (46kB)
[img] PDF
J100070008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)

Abstract

Dalam peñatalaksaan fisioterapai pada kondisi osteoarthritiss knee sinistra selam 6 kali terapi, dengan menggunakan metode penelitian berupa study kasus. Pada kasus osteoarthritiss knee menyebabkan gangguan secara fungsional. 1) Adanya nyeri tekan dan nyeri gerak pada lutut kiri, 2) Adanya keterbatasan gerak pada lutut kiri,, 3) Adanya penurunan kekuatan otot quadricepss dan penurunan kemampuan fungsional. Untuk dapat menentukan metode penangan fisioterapi yang efektif dan efesien, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan 1) Nyeri dengan VAS, 2) Lingkup Gerak Sendi dengan goneometer, 3) kekuatan otot dengan MMT, 4) kemampuan fungsional dengan skala jette. Dalam membantu untuk mengurangi nyeri dan merelaksasikan jaringan pada lutut kiri diberikan modalitas fisioterapi berupa Micro Wane Diathermy (MWD) Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS), menambah lingkup Gerak Sendi dan meningkatkan kekuatan otot dengan strengthening quadriceps. Dan pada akhir terapi didapatkan hasil berupa 1) Adanya penurunan nyeri, 2) Adanya peningkatan LGS, 3) adany peningkatan kekuatan otot, 4) Adanya peningkatan kekuatan fungsional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: OSTHEOARTHRITIS KNEE SINISTRA MODALITAS MWD, TENS DAN STRENGTHENING QUADRICEPS
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2011 09:42
Last Modified: 01 Feb 2011 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item View Item