INTENSITAS SIARAN TV DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN ANAK (Studi Kolerasi antara Intensitas Menonton Acara Laptop Si Unyil di Trans7 terhadap Tingkat Pengetahuan Umum dan Teknologi di Kalangan Siswa-Siswi Kelas IV SDN Karangasem 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009-2010)

ARI WIBOWO, HAFID AHMAD (2010) INTENSITAS SIARAN TV DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN ANAK (Studi Kolerasi antara Intensitas Menonton Acara Laptop Si Unyil di Trans7 terhadap Tingkat Pengetahuan Umum dan Teknologi di Kalangan Siswa-Siswi Kelas IV SDN Karangasem 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009-2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
L100060064.pdf

Download (54kB)
[img] PDF
L100060064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Trans7 adalah salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia yang menyuguhkan berbagai acara untuk menarik perhatian pemirsanya, diantaranya adalah program acara Laptop Si Unyil yang menjadi acara unggulan bagi stasiun televisi ini. Seseorang menonton acara televisi karena adanya kebutuhan akan informasi dan didorong oleh motif yang ada pada dirinya, seperti motif menambah pengetahuan dan mendapatkan informasi terbaru. Berdasarkan pemikiran tersebut, peneliti ingin melihat apakah ada hubungan antara aktivitas menonton acara Laptop Si Unyil di Trans7 (X) terhadap tingkat pengetahuan umum dan teknologi (Y) di kalangan siswa-siswi SDN Karangasem 2 Surakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian explanatory dan metode yang digunakan adalah metode survey. Sebagai alat pengumpulan data digunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN Karangasem 2 Surakarta yang berjumlah 47 siswa. Sampel pada penelitian ini 47 siswa dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus Kolerasi Tata Jenjang Spearman (rho) dengan taraf kepercayaan 95 % atau tingkat signifikansi 5%. Setelah melalui perhitungan atas jawaban-jawaban yang diberikan responden melalui kuesioner, hasil koefisien korelasi antara variabel X dan Y atau ρ = 0,254 dengan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (1,703>0,288) berarti ada hubungan signifikan antara aktivitas menonton acara Laptop Si Unyil dengan tingkat pemahaman pengetahuan umum dan teknologi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jenjang Spearman (rho,total sampling,Kolerasi antara Intensitas Menonton Acara Laptop
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 01 Feb 2011 09:38
Last Modified: 13 Jun 2012 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10200

Actions (login required)

View Item View Item