HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN KINERJA PADA KARYAWAN PT. PLN PERSERO SURAKARTA

DEWIRATIH, NETRALIYANTI YENI (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN KINERJA PADA KARYAWAN PT. PLN PERSERO SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050057.pdf

Download (58kB)
[img] PDF
F100050057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)

Abstract

Bagi suatu perusahaan, kinerja karyawan yang tinggi merupakan hal terpenting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Bila sebuah perusahaan ingin berkembang dengan pesat, perusahaan tersebut harus memiliki sumber daya manusia yang mampu menampilkan produktivitas kerja yang baik. Kinerja karyawan dalam perusahaan meningkat atau tinggi, salah satunya dikarenakan perusahaan telah menyediakan program atau jaminan keselamatan dan kesehatan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) hubungan antara persepsi tentang program keselamatan dan kesehatan kerja dengan kinerja karyawan, 2) tingkat persepsi tentang program keselamatan dan kesehatan kerja karyawan, 3) tingkat kinerja karyawan, 4) peranan program keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kinerja. Hipotesis yang diajukan: ada hubungan positif antara persepsi tentang program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. PLN (Persero) Surakarta yang berjumlah 97 orang. Subjek penelitian 65 karyawan, pengambilan sampel melalui teknik purposive non random sampling, dengan karakteristik: a) pegawai tetap; b) memiliki masa kerja minimal 5 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan skala persepsi tentang program k3 dan data dokumentasi kinerja karyawan. Teknik analisis data yang digunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai r sebesar 0,529; p = 0,000 (p ≤ 0,01) yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi tentang program K3 dengan kinerja. Sumbangan efektif persepsi tentang program K3 terhadap kinerja sebesar 28%. Berdasarkan hasil analisis diketahui rerata empirik persepsi tentang program K3 sebesar 97,800 dan rerata hipotetik sebesar 77,5 yang berarti persepsi tentang program K3 pada subjek penelitian tergolong tinggi (positif). Kinerja karyawan tergolong sedang dengan nilai rata-rata empirik 2,51. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi tentang program K3 dengan kinerja karyawan. Artinya, semakin tinggi atau positif persepsi tentang program K3 maka semakin tinggi pula kinerja dan sebaliknya semakin rendah atau negatif persepsi tentang program K3 maka semakin rendah kinerja karyawan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi tentang program K3, kinerja karyawan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 01 Feb 2011 09:35
Last Modified: 13 Jun 2012 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10197

Actions (login required)

View Item View Item