PENGARUH PEMBERITAAN SURAT KABAR KOMPAS, SEPUTAR INDONESIA DAN MEDIA INDONESIA TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT PENGGUNA TABUNG GAS (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada Ibu Rumah Tangga Pengguna Tabung Gas di RW 003 Margajaya Bekasi Selatan Tahun 2010

RESTIVIA, DWI YUNITA (2010) PENGARUH PEMBERITAAN SURAT KABAR KOMPAS, SEPUTAR INDONESIA DAN MEDIA INDONESIA TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT PENGGUNA TABUNG GAS (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada Ibu Rumah Tangga Pengguna Tabung Gas di RW 003 Margajaya Bekasi Selatan Tahun 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
L100060057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
L100060057.pdf

Download (915kB)

Abstract

Seiring dengan program pemerintah yaitu konversi minyak tanah ke gas menyebabkan masyarakat beralih ke kompor gas. Pada kenyataannya sekarang ini banyak peristiwa meledaknya tabung gas terjadi di hampir seluruh Indonesia. Media surat kabar sebagai salah satu media yang mudah didapatkan memberitakan hal tersebut secara berkelanjutan, sehingga menimbulkan perhatian khalayak. Pemberitaan tersebut menimbulkan persepsi di benak khalayak, terutama pengguna tabung gas LPG. Rumusan dan tujuan penelitian ini adalah: (1) menjawab dan mendeskripsikan pengaruh pemberitaan surat kabar terhadap persepsi ibu rumah tangga pengguna tabung gas di RW 003 Margajaya Bekasi; (2) seberapa besar pengaruh pemberitaan surat kabar terhadap persepsi ibu rumah tangga pengguna tabung gas di RW 003 Margajaya Bekasi. Pendekatan penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif. Populasi berjumlah 1346 orang dan sampel penelitian 310 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel tiap RT diambil sebanyak 20 % dari total sampel. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan kategorisasi jawaban skala model Likert. Berdasarkan analisis data penelitian dengan rumus product moment diperoleh bahwa pemberitaan mempengaruhi persepsi sebesar 59%. Mengacu pada hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : (1) pemberitaan surat kabar mempunyai pengaruh yang signifikan dengan arah positif terhadap persepsi ibu rumah tangga pengguna tabung gas di RW 003 Margajaya Bekasi Selatan; (2) variabel pemberitaan surat kabar mempengaruhi persepsi ibu rumah tangga pengguna tabung gas sebesar 59 %. Hal ini berarti, setiap ada peningkatan pemberitaan surat kabar, maka mengakibatkan persepsi ibu rumah tangga pengguna tabung gas semakin baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberitaan Surat Kabar dan Persepsi Masyarakat Pengguna Tabung Gas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 01 Feb 2011 09:33
Last Modified: 13 Jun 2012 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item