DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (DP3A)PENATAAN PERMUKIMAN SENTRA INDUSTRI MEBEL DI DESA MANGGUNG KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI

PARWANTO, PARWANTO (2010) DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (DP3A)PENATAAN PERMUKIMAN SENTRA INDUSTRI MEBEL DI DESA MANGGUNG KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D300060025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
D300060025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Salah satu masalah pembangunan di pedesaan Indonesia adalah sangat kecilnya peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang bisa memberikan penghasilan memadai. Hal ini terkait dengan tingkat kualitas sumberdaya manusia (SDM) di pedesaan, terbatasnya luas lahan yang dapat dibudidayakan (khususnya di Jawa) dan sedikitnya kemampuan bidang pertanian untuk menyerap tambahan tenaga kerja. Adanya masalah tersebut telah muncul dan dikembangkan suatu strategi pengembangan sektor pertanian yang harus terkait dengan sektor lainnya, sehingga diharapkan mampu memacu tumbuhnya kegiatan nonfarm termasuk munculnya industri kecil dan kerajinan rumah tangga. Penataan merupakan suatu upaya untuk memperbaiki ataupun menambahkan sarana dan prasarana yang sudah ada maupun menambahkan yang belum ada untuk menunjang kemajuan dan perkembangan suatu desa atau kampung yang sudah ada sejak dahulu. Penataan Desa Manggung akan ditekankan pada usaha industri mebel yang telah ada dan merupakan pekerjaan turun-temurun. Penataan permukiman pengrajin mebel yang berfungsi sebagai tempat hunian, tempat produksi, dan tempat penjualan mebel guna peningkatan ekonomi dan peningkatan kesehatan pengrajin mebel, efektif dan efisien kerja serta mendukung kegiatan pemerintah di sektor industri. Adapun keluaran/output dari laporan ini yaitu : a) Pengaturan zona pemanfaatan ruang kawasan permukiman sentra industri mebel, b) Pengaturan ruang publik pada industri mebel, c) Pengaturan pola lansekap, d) Konsep sustainable development dengan perencanaan kawasan sentra industri mebel yang tepat guna.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penataan Sentra Industri Mebel Yang Tepat, Guna Peningkatan ekonomi.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 01 Feb 2011 09:36
Last Modified: 11 Jun 2012 07:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10192

Actions (login required)

View Item View Item