PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA HEMIPARESE SINISTRA POST STROKE NON HAEMORAGIC DI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA

KHARISMAN , ARIEF DHAMAS (2010) PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA HEMIPARESE SINISTRA POST STROKE NON HAEMORAGIC DI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
J100070002.pdf

Download (41kB)
[img] PDF
J100070002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan studi kasus ini dilaksanakan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta dengan menggunakan terapi latihan pada penderita post stroke non haemoragic stadium recovery selama enam kali terapi, penulis ingin mengetahui permasalahan yang muncul pada kondisi tersebut. Prinsip terapi latihan metode Propioseptive Neuromuscular Fasilitation (PNF) dalam permasalahan ini mencegah terjadinya komplikasi, menormalkan tonus (Spastisitas), memperbaiki koordinasi, dan meningkatkan kemampuan fungsional, melalui latihan-latihan gerakan tubuh yang berulang-ulang maka akhirnya terjadi gerakan yang dikuasai dengan baik dan lebih mudah digerakan. Pembahasan ini bertujuan untuk mengungkap seberapa jauh hasil yang didapat atau efektifitas terapi latihan metode Propioseptive Neuromuscular Fasilitation (PNF) terhadap kondisi post stroke non haemoragic stadium recovery pada pasien yang bernama Tn. St yang berumur 66 tahun. Diharapkan dari terapi latihan dapat menghambat spastisitas, memperbaiki koordinasi, meningkatkan kemampuan aktifitas fungsional. Hasil menunjukkan bahwa selama 6 kali terapi, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Skala Asworth nilai Spastisitas tetap, anggota gerak atas dan bawah T1: 0, T6: 0. Formulir Sulivan Schmitz nilai koordinasi T1: 2, T6: 3, Indeks Barthel nilai kemampuan fungsional T1: 45, T6: 50.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: terapi latihan, propioseptive neuromuscular fasilitation (PNF), stroke non haemoragic stadium recovery, hemiparese sinistra
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2011 09:23
Last Modified: 01 Feb 2011 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10185

Actions (login required)

View Item View Item