Jual Beli Pakaian Bekas (Thrifting) Melalui Media Sosial Instagram Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Mahasiswa UMS Surakarta)

Marfuah, Ismy Ummy and , Yayuli, S.Ag., M.PI (2022) Jual Beli Pakaian Bekas (Thrifting) Melalui Media Sosial Instagram Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Mahasiswa UMS Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

Jual beli pakaian bekas melalui media sosial Instagram adalah suatu kegiatan jual beli yang praktiknya sama dengan jual beli pada umumnya, perbedaan terletak pada media promosinya yakni memanfatkan media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perspektif hukum ekonomi syariah terhadap jual beli pakaian bekas yang saat ini mulai mewabah di Indonesia, dengan adanya penelitin ini bertujuan agar penjual dan pembeli tidak ada keraguan dalam melakukan transaksi jual beli. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Dalam hal ini peneliti akan melakukan wawancara dengan mengambil responden dari mahasiswa UMS yang mempunyai bisnis jual beli pakaian bekas terkhusus yang mempunyai akun media sosial Instagram untuk berjualan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti akan mendeskripsikan mengenai praktek jual beli pakaian bekas kemudian dihubungkan dengan teori menurut hukum ekonomi syariah. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis data dapat dirumuskan kesimpulan bahwa praktik jual beli pakaian bekas di Instagram dilakukan melalui beberapa tahapan mulai dari memposing foto produk hingga terjadinya kesepakatan ijab dan qabul antara penjual dan pembeli. Pelaksanaan jual beli pakaian bekas melalui media sosial Instagram ini banyak memberi kemashlahatan dan menurut perspektif hukum ekonomi syariah apabila ditinjau dari fiqh muamalah sudah memberikan kemashlahatan baik bagi penjual maupun pembeli. Yang harus digaris bawahi disini adalah cara mendapatkannya yakni jika dengan sistem bal atau karung maka jual beli pakaian bekas tersebut haram dikarenakan tidak diketahui kualitas maupun kuantitas barangnya. Namun jika cara mendapatkannya dengan cara eceran atau biasa disebut dengan paket usaha maka jual beli tersebut menurut perspektif Hukum Ekonomi Syariah maka hukumnya halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Pakaian Bekas, Instagram, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: B Philosophy (General) > BA Islam > BA12 Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: ISMY UMMY MARFU'AH
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:12
Last Modified: 24 Sep 2022 02:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/101814

Actions (login required)

View Item View Item