DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (DP3A) RENTAL OFFICE DI SURAKARTA PENEKANAN PADA KONSEP GREEN ARCHITECTURE

Budiasih, Rina (2010) DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (DP3A) RENTAL OFFICE DI SURAKARTA PENEKANAN PADA KONSEP GREEN ARCHITECTURE. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D300060019.pdf

Download (412kB)
[img] PDF
D300060019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Sekarang Kota Surakarta selain dikenal sebagai kota budaya, juga merupakan kota jasa dan perdagangan. Saat ini Surakarta masih sangat sedikit sekali jumlah kantor sewa dan kurangnya fasilitas kantor di Surakarta membuat para pengusaha memanfaatkan rumah pribadi yang disewa untuk dijadikan sebuah kantor dengan segala keterbatasan fasilitas yang mendukung operasional kantor serta tingginya harga tanah membuat kondisi dimana hanya pengusaha yang mempunyai modal yang besar yang mampu membangun kantor secara vertikal dengan pertimbangan efisiensi biaya dan efektitas lahan dengan infratruktur yang lengkap, sedangkan pengusaha yang mempunyai modal pas-pasan hanya dapat menyewa rumah atau counter kecil untuk kantor dan tidak ada infrastruktur yang memadai. Pemanasan global (global warming) juga menjadi salah satu isu penting yang disuarakan di sejumlah negara. Gedung-gedung bertingkat menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Untuk mengatasi permasalah tersebut maka suatu bangunan kantor sewa juga harus mempunyai konsep yang menarik perhatian pengusaha dan konsumen untuk mengurangi pemanasan global yang terjadi di Indonesia dan khususnya di Surakarta sendiri. Salah satu konsep yang menjadi pilihan para arsitek saat ini adalah green architecture. “Rental Office di Surakarta Penekanan Pada Konsep Green Achitecture” adalah suatu wadah untuk menampung kegiatan administrasi, interaksi bisnis dengan pelayanan, profesional serta lembaga dalam bentuk komersil, yang pemakaiannya harus dengan membayar uang (menyewa lantai atau ruangan) yang berada di Surakarta dengan konsep green architecture yaitu meminimalkan pemakaian sumber daya, energi dan penekankan pada pola berkelanjutan (sustainable). Berkelanjutan merupakan suatu kondisi dimana unsur-unsur yang terlibat selama proses pemanfaatan atau operasi suatu sistem sebagian besar dapat berfungsi sendiri, sedikit mengalami penggantian atau tidak menyebabkan sumber lain berkurang jumlah serta kualitasnya.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rental Office , Surakarta , Konsep Green Achitecture
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 01 Feb 2011 09:18
Last Modified: 19 Nov 2019 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10176

Actions (login required)

View Item View Item