HUBUNGAN ANTARA SUMBER INFORMASI DAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE SELAMA MENSTRUASI PADA SISWI SMP N I KEBONARUM KABUPATEN KLATEN

RAHMAWATI, CHUSNUL TRI (2010) HUBUNGAN ANTARA SUMBER INFORMASI DAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE SELAMA MENSTRUASI PADA SISWI SMP N I KEBONARUM KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
J410060025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
J410060025.pdf

Download (160kB)

Abstract

Informasi yang tepat dan relevan tentang kesehatan reproduksi merupakan hal yang sangat penting diberikan kepada anak.. Hygiene menstruasi merupakan komponen hygiene perorangan, yang memegang peran penting dalam menentukan status kesehatan, khususnya terhindar dari infeksi alat reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sumber informasi dan pengetahuan tentang menstruasi dengan perilaku personal hygiene selama menstruasi. Metode penelitian menggunakan rancangan observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 220 siswi, dengan jumlah sampel 60 siswi yang dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Analisis hubungan menggunakan uji korelasi product moment. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan antara sumber informasi dengan pengetahuan tentang menstruasi (p value = 0,000, r=0,783), pengetahuan tentang menstruasi dengan perilaku personal hygiene selama menstruasi (p value=0,000 r=0,833), dan sumber informasi dengan perilaku personal hygiene selama menstruasi (p value=0,000 r=0,775). Seorang siswi perlu mendapatkan informasi tentang menstruasi dan bagaimana cara menjaga kebersihan selama menstruasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sumber informasi, pengetahuan, perilaku personal hygiene selama menstruasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Feb 2011 09:00
Last Modified: 17 Oct 2018 03:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10157

Actions (login required)

View Item View Item