DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (DP3A) PUSAT KEBUGARAN JASMANI DAN SPA DI SURAKARTA (Pendekatan Konsep Green Architecture)

SETIAWAN, ACHNIN (2010) DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (DP3A) PUSAT KEBUGARAN JASMANI DAN SPA DI SURAKARTA (Pendekatan Konsep Green Architecture). Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D300060008.pdf

Download (463kB)
[img] PDF
D300060008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Dewasa ini , pola kehidupan masyarakat tampak semakin modern dan serba cepat, menuntut masyarakat kota untuk selalu siap dalam keadaan /kondisi prima. Teknologi yang semakin canggih juga mempengaruhi pola pikir dalam kehidupan masyarakat. Dengan tingkat kesibukan yang relatif tinggi, menyebabakan banyak masyarakat kalangan menengah ke atas mengalami penurunan fisik, kurang bergairah, stress, mengalami kelebihan badan, kulit kusam, kekeringan dan sebagainya. Selain itu kebanyakan orang tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus dan merawat tubuh secara teratur . Pusat Kebugaran Jasmani dan Spa di Surakarta merupakan sebuah tempat atau wadah di Kota Surakarta yang diperuntukkan untuk mewadahi kegiatan kebugaran dan perawatan tubuh melalui terapi air dalam rangka membangun kembali kesegaran tubuh dengan suasana tenang dan alami. Untuk pelayanan kegiatan kebugaran jasmani (physical fitness) tersebut meliputi fitness, senam aerobic, yoga, renang, squash, jogging track dan tennis. Sedangkan pelayanan spa lebih mengutamakan perawatan tubuh melalui terapi spa tradisional. Serta dalam pendekatan perancangan bangunannya mengembangkan sebuah konsep arsitektur yang meminimalkan pengaruh buruk terhadap lingkungan alam maupun manusia dengan memanfaatkan sumber energi sekaligus sumber daya alam secara efisien dan optimal. Prinsip – Prinsip Green Architecture yang diterapkan diantaranya : Hemat energi, Memanfaatkan kondisi iklim, Penggunaan material lokal, Menanggapi keadaan tapak, Memperhatikan pengguna bangunan. Prinsip-prinsip Green Architecture akan diterapkan pada landsekap, citra atau tampilan bangunan dan interior bangunan,. Sehingga konsep desain bangunan diarahkan menjadi sebuah bangunan yang ramah lingkungan yang mampu memperkuat karakter bangunan sebagai pusat kebugaran jasmani dan spa. Kata Kunci : Surakarta, Pusat Kebugaran Jasmani dan Spa, Green Architecture

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Surakarta, Pusat Kebugaran Jasmani dan Spa, Green Architecture
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 01 Feb 2011 08:52
Last Modified: 01 Feb 2011 08:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item