OPTIMASI FORMULA TABLET EKSTRAK DAUN SAMBUNG NYAWA(Gynura procumbens (Lour.) Merr) DENGAN KOMBINASI BAHAN PENGIKAT NATRIUM KARBOKSIMETIL SELULOSA DAN BAHAN PENGHANCUR STARCH 1500 DENGAN METODE FACTORIAL DESIGN

JIHAN , JIHAN (2010) OPTIMASI FORMULA TABLET EKSTRAK DAUN SAMBUNG NYAWA(Gynura procumbens (Lour.) Merr) DENGAN KOMBINASI BAHAN PENGIKAT NATRIUM KARBOKSIMETIL SELULOSA DAN BAHAN PENGHANCUR STARCH 1500 DENGAN METODE FACTORIAL DESIGN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
K100060220.pdf

Download (816kB)
[img] PDF
K100060220.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Daun sambung nyawa (Gynura procumbens (Lour.) Merr) adalah salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai antikanker. Penggunaan daun sambung nyawa dimasyarakat masih secara tradisional, sehingga perlu dikembangkan menjadi bentuk sediaan yang lebih stabil dalam penyimpanan dan penggunan yaitu tablet. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh bahan pengikat Na CMC dan bahan penghancur Strach 1500 terhadap sifat fisik tablet yang dihasilkan dengan metode factorial design. Serbuk daun sambung nyawa, diekstraksi dengan metode maserasi sampai didapatkan ekstrak kental, kemudian ekstrak dicampur dengan bahan-bahan lain sampai terbentuk campuran granul. Tablet dibuat menjadi 4 formula dengan variasi konsentrasi bahan pengikat dan bahan penghancur berbanding sebagai berikut:1%-2%, 6%-2%, 1%-10%, 6%-10%. Dilakukan uji granul meliputi: uji kecepatan alir, sudut diam, pengetapan, densitas massa dan kadar air, setelah itu granul dibuat tablet dan diuji sifat fisik tablet meliputi: uji keseragaman bobot, kekerasan , kerapuhan dan waktu hancur tablet. Data dianalisis menggunakan metode factorial design dan didapatkan titik optimum pada counter plot supper imposed. Berdasarkan titik optimum didapatkan formula optimum untuk diverifikasi. Validitas hasil verifikasi dengan hasil prediksi berdasarkan metode factorial design diuji statistik dengan menggunakan progam SPSS versi 17 dengan uji one sample t-Test dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara bahan pengikat dan bahan penghancur, yakni kenaikan konsentrasi Na CMC dan penurunan konsentrasi Strach 1500, dapat menurunkan kecepatan alir, meningkatkan kekerasan tablet dan memperlama waktu hancur tablet. Pada daerah counter plot imposed didapatkan daerah optimum dengan perbandingan Na CMC 0,81 mg dan Strach 1500 30,17 mg.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gynura procumbens (Lour.) Merr, tablet, Na CMC, Strach 1500, factorial design
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2011 08:44
Last Modified: 01 Feb 2011 08:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10148

Actions (login required)

View Item View Item