Peningkatan Literasi Bencana Gempa Bumi Bagi Disabilitas Melalui Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mengurangi Risiko Bencana

Indyastuti, Tri and Pambudi, Wulansari Dwi and Ariyanti, Aninda Putri and Rahmadi, Alwi Dwi and Kurnianingrum, Dinda and , Siti Azizah Susilawati, S.Si., M.P. (2022) Peningkatan Literasi Bencana Gempa Bumi Bagi Disabilitas Melalui Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mengurangi Risiko Bencana. Program Studi Pendidikan Geografi.

[img] PDF (Proposal PKM-PM)
A610190052 Tri Indyastuti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 terkait penanggulangan bencana menyatakan bahwa yang termasuk dalam kelompok rentan diantaranya yaitu bayi, balita, anak-anak, ibu yang sedang menyusui, penyandang cacat, serta orang lanjut usia. Oleh karena itu, apabila suatu kerentanan tersebut terjadi anak yang memiliki keterbatasan fisik (cacat), maka kerentanan pada anak tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak normal pada umumnya. Pada dasarnya dongeng merupakan suatu media yang mampu memperkuat imajinasi, empati, pemahaman, nilai, dan etika dan merangsang pemikiran yang kritis (Ahyani, 2010). Anak tunarungu terkadang sulit menerima konsep baru, sehingga perlu adanya metode yang menarik agar memahami konsep baru, oleh karena itu diperlukan media komunikasi visual dan edukatif sebagai media pembelajaran mandiri bagi anak, dalam mengetahui terkait siaga bencana terutama di sekolah (Aini, Daniah and Carwadi, 2020). Untuk itu, dengan adanya peningkatan literasi bencana kepada anak disabilitas melalui dongeng kearifan lokal, diharapkan mampu mengurangi kerentanan, meningkatkan kapasitas, dan memiliki jiwa tangguh bencana.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: dongeng, siaga bencana, disabilitas, literasi bencana
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB376 Disabilities
Divisions: Unit > Kemahasiswaan
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:08
Last Modified: 26 Aug 2022 02:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/101434

Actions (login required)

View Item View Item