DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR(DP3A) TAMAN LALU LINTAS DI SURAKARTA (SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN TRANSPORTASI YANG REKREATIF)

Kesuma, Puja (2010) DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR(DP3A) TAMAN LALU LINTAS DI SURAKARTA (SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN TRANSPORTASI YANG REKREATIF). Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D300060001.pdf

Download (400kB)
[img] PDF
D300060001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pada era sekarang ini di kota-kota besar khususnya Kota Surakarta sering terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Kepolisian mencatat angka kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas masih cukup tinggi di Wilayah Surakarta. Bahkan, pada tahun 2007 lalu, kecelakaan lalu lintas di Polwil Surakarta menduduki peringkat tertinggi dibanding lima Polwil lainnya di Jawa Tengah. Pada tri wulan pertama 2008, angka tersebut cenderung naik. Banyaknya peristiwa kecelakaan lalu lintas ini 94% diantaranya disebabkan karena faktor human error. Sebagian besar korban adalah anak-anak muda usia 13 sampai 30 tahun, Human error ini didominasi oleh orang-orang yang telah paham peraturan berlalu lintas namun belum sadar untuk  mentaati peraturan. Kurangnya kesadaran dalam mentaati peraturan lalu lintas tersebut selain berakibat fatal bagi dirinya sendiri juga dapat mengancam keselamatan pengendara lainnya. Dalam rangka aspek edukatif pendidikan dini untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran berlalu lintas yang baik dan benar, perlu adanya sebuah study action plan bagi anak-anak. Study action plan yang di maksud adalah perlunya pembangunan sebuah Taman Lalu Lintas . Taman lalu lintas ini diciptakan sebagai sebuah tempat belajar dan memahami peraturan-peraturan, tata tertib serta disiplin berlalu lintas sejak dini, khususnya kepada anak-anak, pelajar dan umum. Belajar sambil bermain, adalah pola yang diterapkan di Taman ini. Karena itu, bagi balita pun nantinya ada tempat khusus, di mana tersedia alat bermain sesuai dengan usia mereka. Di Taman tersebut anak-anak akan diajak mengenal rambu-rambu lalu lintas di seluruh lokasi dengan mengendarai mobil mini yang dikemudikan oleh petugas. Mereka akan mendapat penjelasan dengan gaya menarik, tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan peraturan lalu lintas.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Taman, Pendidikan Transportasi, Rekreasi
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 01 Feb 2011 08:41
Last Modified: 11 Jun 2012 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10142

Actions (login required)

View Item View Item