PORQI, PIPIN MASTIKA (2008) ANALISIS CARA BERPIKIR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KLECO II DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI PEMBAGIAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410040115.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan cara berpikir siswa putera dan puteri kelas IV Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal-soal operasi pembagian, yang dibedakan atas jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sebelum diadakannya penelitian terlebih dahulu diadakan try out pada siswa kelas IV SD N Kleco I, sedangkan penelitian diadakan pada siswa Kelas IV SD N Kleco II yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode test, wawancara dan dokumentasi. Test disini adalah berupa soal-soal yang memuat pembagian jenis measurement division dan partitive division. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai seluruh siswa adalah 64,1429 sedangkan rata-rata nilai siswa puteri adalah 66,3125 lebih besar dari rata-rata nilai siswa putera siswa yaitu 65,41667 dan nilai tertinggi diperoleh oleh siswa puteri. Dari hasil analisis diperoleh bahwa prosentase kesulitan pemahaman konsep siswa putera sebesar 28,75% lebih besar bila dibandingan dengan siswa puteri yaitu sebesar 23,899%, sedangkan prosentase kesulitan dalam perhitungan yang dialami siswa putera sebesar 33,333% lebih besar bila dibandingkan dengan siswa puteri yaitu sebesar 26,667 %. Hal ini menunjukkan bahwa siswa puteri lebih mampu dalam menyelesaiakan soal operasi pembagian dibanding siswa putera. Selain hal tersebut dari pembahasan diperoleh bahwa soal jenis measurement division lebih sulit diselesaikan daripada partitive division, pada soal jenis pembagian bersisa siswa kadang lupa menuliskan sisa pada lembar jawaban. Dari prosentase kesulitan pemahaman konsep yang tergolong rendah, maka penguasaan konsep pembagian siswa putera maupun puteri sudah tergolong tinggi atau baik. Sedangkan dari prosentase kesulitan dalam melakukan perhitungan seluruh siswa yang ada juga tergolong rendah, maka dapat disimpulkan kemampuan siswa dalam melakukan hitungn juga sudah tinggi atau baik. Jadi secara umum dapat disimpulkan cara berpikir siswa dalam menyelesaiakan soal-soal operasi pembagian sudah cukup tepat, yaitu dengan menggunakan pembagian bersusun.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cara Berpikir, Operasi Pembagian, Measurement & Partitive Division |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 04 Mar 2009 08:52 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 08:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1014 |
Actions (login required)
View Item |