GAMBARAN PENGOBATAN HIPERTENSI PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN PERIODE JANUARI-JUNI TAHUN 2009

CHRISTY , DESSY (2010) GAMBARAN PENGOBATAN HIPERTENSI PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN PERIODE JANUARI-JUNI TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
K100060183.pdf

Download (283kB)
[img] PDF
K100060183.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang sering ditemukan dan termasuk penyakit yang harus segera diatasi sebelum komplikasi dan akibat buruk lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengobatan pasien hipertensi di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten periode Januari-Juni tahun 2009 yang meliputi jenis obat, golongan obat, variasi jumlah obat antihipertensi, dosis obat, frekuensi dan lama pemberian serta kesesuaian dengan JNC VII (2006). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat non eksperimental dengan rancangan penelitian observasional menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran pengobatan hipertensi pada pasien hipertensi di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten meliputi jenis dan golongan obat, variasi jumlah obat antihipertensi, dosis, frekuensi, lama pemberian dan kesesuaian dengan standar JNC VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kasus hipertensi yang diteliti sebagai sampel penelitian periode Januari-Juni tahun 2009 adalah 94 kasus. Antihipertensi yang banyak digunakan yaitu golongan ACE Inhibitor dan jenis obatnya kaptopril sebesar 94,68%. Jika penggunaan obat antihipertensi diperbandingkan dengan The Seventh Report of the Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation and Treatment of High Blood Pressure (JNC VII) diketahui bahwa jenis dan golongan obat yang digunakan sudah sesuai sementara yang belum sesuai yaitu dosis obat dan frekuensi sebanyak 19 pasien (9,69%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, obat antihipertensi, Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2011 09:55
Last Modified: 31 Jan 2011 09:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10132

Actions (login required)

View Item View Item