UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI ETIL ASETAT BUAH CEREMAI (Phyllantus acidus (L.) Skeels) TERHADAP Staphylococcus aureus DAN Eschericia coli MULTIRESISTEN ANTIBIOTIK

HAPSORO, PRATIKTO DWI (2010) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI ETIL ASETAT BUAH CEREMAI (Phyllantus acidus (L.) Skeels) TERHADAP Staphylococcus aureus DAN Eschericia coli MULTIRESISTEN ANTIBIOTIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
K100060167.pdf

Download (78kB)
[img] PDF
K100060167.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Buah ceremai (Phylanthus acidus (L.) Skeels) diketahui mengandung senyawa seperti saponin, polifenol, adenosine, kaempferol (flavonoid), dan hypogallic acid (DHBA) yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Fraksi etil asetat terbukti aktif terhadap bakteri S. aureus dan E. coli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri fraksi etil asetat buah ceremai terhadap bakteri S. aureus dan E. coli Fraksi etil asetat diperoleh dengan cara tehnik pemisahan fraksinasi menggunakan n-heksan kemudian dilanjutkan dengan etil asetat. Aktivitas antibakteri diuji menggunakan metode dilusi padat dengan parameter konsentrasi terkecil yang mampu membunuh bakteri ditandai tidak adanya pertumbuhan bakteri, dengan inkubasi selama 18-24 jam pada suhu 37ºC terhadap dua bakteri uji yaitu S. aureus dan E. coli. Selanjutnya dilakukan uji bioautografi untuk mengetahui senyawa yang bertanggung jawab terhadap aktivitas antibakteri fraksi etil asetat buah ceremai. Hasil uji aktivitas antibakteri menunjukkan Kadar Bunuh Minimal terhadap S. aureus sebesar 0,25% b/v dan E. coli sebesar 2,5% b/v. Uji bioautografi menunjukkan senyawa yang aktif sebagai antibakteri adalah polifenol dan saponin.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Phylanthus acidus (L.) Skeels , antibakteri, Kadar Bunuh Minimal (KBM)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 31 Jan 2011 09:23
Last Modified: 12 Jun 2012 07:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10117

Actions (login required)

View Item View Item