FORMULASI TABLET EFFERVESCENT EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc.) DENGAN KOMBINASI ASAM SITRAT DAN ASAM MALAT SEBAGAI SUMBER ASAM SERTA NATRIUM KARBONAT SEBAGAI SUMBER BASA

ERVINA , AAN TRI (2010) FORMULASI TABLET EFFERVESCENT EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc.) DENGAN KOMBINASI ASAM SITRAT DAN ASAM MALAT SEBAGAI SUMBER ASAM SERTA NATRIUM KARBONAT SEBAGAI SUMBER BASA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
K100060154.pdf

Download (206kB)
[img] PDF
K100060154.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)

Abstract

Jahe merah (Zingiber officinale Roxb.) merupakan salah satu tanaman obat dengan kandungan oleoresin (Gingerol, Shogaol) yang tinggi sangat berkhasiat sebagai minuman penghangat tubuh, pelega tenggorokan, dan anti mabuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan tablet effervescent ekstrak jahe merah dan mengetahui pengaruh variasi konsentrasi asam dan basa terhadap sifat fisik dan rasa tablet effervescent. Ekstrak kental rimpang jahe merah diperoleh dengan menggunakan metode pengolahan granulasi basah. Tablet effervescent ekstrak kental jahe merah dibuat dalam 4 formula dengan kombinasi asam malat, sitrat dan natrium karbonat FI(2:2:4), FII (3:2:3), FIII(3:3:2), dan FIV(3:1:4). Data uji sifat alir granul dan uji sifat fisik tablet yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan teoritis dan statistik menggunakan anava satu jalan taraf kepercayaan 95% dilanjutkan dengan uji t-LSD. Hasilnya ekstrak kental rimpang jahe merah dapat dibuat tablet effervescent dengan penambahan variasi konsentrasi asam dan basa. Penggunaan penambahan asam dan basa menurunkan nilai waktu alir. Kombinasi tersebut tidak berpengaruh pada keseragaman bobot, meningkatkan kekerasan dan menurunkan kerapuhan tabletnya. Pada uji keberterimaan rasa formula IV merupakan formula yang diterima oleh responden. Kenaikan konsentrasi asam, basa dapat mempengaruhi waktu alir granul dan sifat fisik tablet meliputi kekerasan, kerapuhan dan waktu larut. Pada formula IV dengan konsentrasi 3:1:4 menghasilkan sifat fisik yang terbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tablet effervescent, asam sitrat, asam malat, natrium karbonat, ekstrak kental jahe merah.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2011 09:12
Last Modified: 31 Jan 2011 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item View Item