FORMULASI SEDIAAN TABLET FAST DISINTEGRATING ANTASIDA DENGAN PRIMOJEL® SEBAGAI BAHAN PENGHANCUR DAN MANITOL SEBAGAI BAHAN PENGISI

Wahyuningtyas, Ika (2010) FORMULASI SEDIAAN TABLET FAST DISINTEGRATING ANTASIDA DENGAN PRIMOJEL® SEBAGAI BAHAN PENGHANCUR DAN MANITOL SEBAGAI BAHAN PENGISI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
K100060153.pdf

Download (535kB)
[img] PDF
K100060153.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Antasida adalah obat yang digunakan untuk menetralkan asam lambung yang berlebih. Antasida terdapat dalam sediaan cair dan padat tetapi penggunaanya kurang praktis. Dibuat sediaan baru yang praktis yaitu Fast-Disintegrating Tablet (FDT). Tablet FDT didesain untuk cepat hancur di rongga mulut dalam waktu 1 menit atau bisa kurang dari 1 menit untuk terdisintegrasi sempurna, sehingga memberi efek yang cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi bahan Primojel® sebagai bahan penghancur dan manitol sebagai bahan pengisi terhadap sifat fisik granul dan sifat fisik tablet sehingga didapat formula yang baik. Dibuat 5 formula dengan variasi konsentrasi Primojel® : manitol berturut-turut 11:14,83%, 13:12,83%, 15:10,83%, 17:8,83%, 19:6,83% dari bobot tablet. Pembuatan tablet Fast Disintegrating antasida dengan metode granulasi basah. Granul diuji sifat fisik granul (MC dan waktu alir) dan uji sifat fisik tablet (uji keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, waktu hancur). Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA satu jalan dengan taraf kepercayaan 95% dan dilanjutkan dengan uji t (LSD). Hasil penelitian menunjukkan variasi konsentrasi bahan Primojel® dan manitol memberikan pengaruh terhadap sifat fisik tablet. Semakin besar konsentrasi Primojel® dalam suatu formula maka akan mempercepat waktu hancur dan memperbesar kerapuhan tablet.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antasida, Primojel®, manitol, Fast Disintegrating Tablet.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2011 09:08
Last Modified: 31 Jan 2011 09:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10109

Actions (login required)

View Item View Item