UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL KULIT KAYU NANGKA (Artocarpus heteropylla Lamk) TERHADAP Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli MULTIRESISTEN ANTIBIOTIK

ULFA, AMELIA MARYA (2010) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL KULIT KAYU NANGKA (Artocarpus heteropylla Lamk) TERHADAP Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli MULTIRESISTEN ANTIBIOTIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
K100060147.pdf

Download (169kB)
[img] PDF
K100060147.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit infeksi merupakan penyebab utama penyakit di dunia terutama di daerah tropis, seperti Indonesia. Salah satu tanaman yang berpotensi mengatasi penyebab infeksi adalah kulit kayu nangka (Artocarpus heteropylla Lamk). Kayu nangka telah terbukti memiliki aktivitas antibakteri terhadap B. subtilis. Zona hambatan pada fraksi PE dan n-butanol terlihat mulai kadar 20% dan diperoleh hasil bahwa senyawa yang bersifat antibakteri adalah flavonoid dan saponin. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan aktivitas antibakteri ekstrak metanol kulit kayu nangka (Artocarpus heteropylla Lamk) terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli multiresisten antibiotik. Ekstrak metanol diperoleh dengan cara maserasi dengan menggunakan pelarut metanol. Ekstrak diuji aktivitas antibakteri dengan menggunakan metode dilusi padat dengan bakteri uji S.aureus dan E. coli multiresisten antibiotik. Data diperoleh dengan melakukan pengamatan ada tidaknya pertumbuhan bakteri pada media Muller Hinton. Konsentrasi terkecil yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri disebut konsentrasi bunuh minimal (KBM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol kulit kayu nangka tidak dapat menghambat pertumbuhan bakteri uji sampai kadar 6%. Hasil uji KLT menunjukkan bahwa kulit kayu nangka mengandung flavonoid, saponin dan polifenol.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, Artocarpus heteropylla Lamk, S.aureus dan E. Coli multiresisten
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2011 09:00
Last Modified: 27 Jul 2016 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10104

Actions (login required)

View Item View Item