STUDI PENGUJIAN DENSITAS KOMPAKSI HIDROKSIAPATIT DARI GIPSUM ALAM CIKALONG DENGAN 0.5M DHP SEBELUM DAN SESUDAH SINTERING

Usman, Mukhamad Khumaidi (2010) STUDI PENGUJIAN DENSITAS KOMPAKSI HIDROKSIAPATIT DARI GIPSUM ALAM CIKALONG DENGAN 0.5M DHP SEBELUM DAN SESUDAH SINTERING. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D200050151.pdf

Download (209kB)
[img] PDF
D200050151.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hidroksiapatit (HAp) merupakan bahan rehabilitasi tulang dan gigi, hal ini dikarenakan komposisi dan struktur HAp sama dengan kandungan tulang/gigi. Akan tetapi HAp sangat sulit di dapatkan dan harganya yang mahal, disamping itu juga untuk mendapatkannya harus mengimpor dari luar negri. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui densitas kompaksi hidroksiapatit dari gipsum alam Cikalong dengan 0,5 M diamonium hidrogen fosfat sebelum dan sesudah sintering 1300 oC selama 4 jam. Hidroksiapatit didapatkan dengan mereaksikan antara serbuk gipsum alam Cikalong (CaSO4.2H2O) dengan larutan diamonium hidrogen fosfat [(NH4)2HPO4] dengan teknik Hydrothermal Microwave , kemudian hasil reaksi dikalsinasi pada suhu 800 oC selama 1 jam, lalu dikompaksi berbentuk tablet dengan variasi tekanan 100 MPa, 200 MPa, 300 MPa. Selanjutnya spesimen tablet disintering 1300 oC selama 4 jam dengan menggunakan furnace. Lalu spesimen HAp dianalisa dengan pengujian densitas sebelum dan sesudah sintering untuk mengetahui sifat fisisnya. Dari hasil analisa pengujian densitas sebelum sintering dapat disimpulkan bahwa semakin besar tekanan kompaksi maka semakin besar pula nilai densitasnya begitu pula sebaliknya, karena tekanan kompaksi yang semakin besar akan membentuk green body spesimen tablet HAp yang semakin rapat. Sedangkan pada pengujian sesudah sintering 1300 oC selama 4 jam nilai densitasnya naik karena spesimen tablet hasil sintering mempunyai bonding interfaces antar partikel penyusun tablet yang dapat meningkatkan kerapatannya.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hidroksiapatit, Kompaksi, Sintering, Densitas
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 31 Jan 2011 09:00
Last Modified: 12 Dec 2018 03:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item