ANALISIS CARA BERPIKIR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI MANAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI PEMBAGIAN

PUSPITA, DERRY RUMBIA (2008) ANALISIS CARA BERPIKIR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI MANAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI PEMBAGIAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan cara berpikir siswa putera dan puteri kelas III Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal-soal operasi pembagian, yang dibedakan atas jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sebelum diadakannya penelitian terlebih dahulu diadakan try out pada siswa kelas III SD N kleco II, sedangkan penelitian diadakan pada siswa Kelas III SD N Mahanan yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode test, observasi, wawancara dan dokumentasi. Test disini adalah berupa soal-soal yang memuat pembagian jenis measurement division dan partitive division. Dari hasil penelitian diketahui bahwa serta dapat bahwa rata-rata siswa putera dalam mengerjakan soal adalah sebesar 64.61 lebih rendah bila dibandingakan rata-rata siswa puteri sebesar 66.51. Setelah melakukan analisis dan pembahasan terhadap data yang diperoleh maka didapat bahwa masih terdapat kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian terutama jenis measurement division daripada soal jenis partitive division. Kesulitan siswa tersebut adalah dalam hal pemahaman konsep dan perhitungan. Kesulitan pada masing-masing aspek tersebut disebabkan oleh kekurang telitian siswa dalam membaca soal, serta kesalahan awal dalam menafsirkan hasil pembagian. Dari hasil analisis diperoleh bahwa prosentase kesulitan pemahaman konsep siswa putera sebesar 46.92 % lebih besar bila dibandingan dengan siswa puteri yaitu sebesar 22.42 %, sedangkan prosentase kesulitan dalam perhitungan yang dialami siswa putera sebesar 52.67 % lebih besar bila dibandingkan dengan siswa puteri yaitu sebesar 39.13 %. Hal ini mengisyaratkan bahwa baik dalam memahami konsep ataupun melakukan perhitungan pada soal pembagian, siswa puteri cenderung lebih mampu menyelesaikan dengan baik daripada siswa putera. Cara berpikir yang digunakan sebagian besar siswa sudah cukup tepat yaitu dengan menggunakan pembagian bersusun, hanya sebagian kecil siswa saja yang menggunakan pengurangan berulang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cara Berpikir, Operasi Pembagian, Measurement division, Partitive division.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 04 Mar 2009 06:58
Last Modified: 17 Nov 2010 08:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item