ANALISIS PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN TEGAL-PURWOKERTO (Studi Kasus PO. Indah Putri)

Apriyawan, Anggri (2010) ANALISIS PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN TEGAL-PURWOKERTO (Studi Kasus PO. Indah Putri). Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D100020059.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
D100020059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bus sebagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat yang keberadaanya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Secara lengkap penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa biaya operasional kendaraan dan penetapan tarif bus patas AC untuk angkutan umum bus jurusan Tegal-Purwokerto khususnya bus PO. Indah Putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Adapun analisa yang ditinjau antara lain adalah biaya operasional kendaraan, faktor muat (load factor), ketersediaan kendaraan (availability), dan tarif. Data yang digunakan dalam penelitian ini seluruhnya adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan otobus PO. Indah Putri jurusan Tegal-Purwokerto ini yang berkantor pusat di Jalan Raya Pagojengan, Paguyangan, Bumiayu Kabupaten Brebes Selatan. Adapun data Primer yang diperoleh adalah jumlah penumpang yang naik dari terminal dan turun di tiap ruas jalan, jarak tempuh penumpang, kapasitas kendaraan, tarif yang diberlakukan saat penelitian berlangsung, ruas jalan yang dilalui, dan kuisioner penumpang. Sedangkan untuk data sekunder yang diperoleh adalah komponen biaya operasi kendaraan dan jumlah armada yang beroperasi dan total keseluruhan armada. Selanjutnya data-data tersebut diolah dan dianalisa untuk mendapatkan analisis penetapan tarif untuk bus Patas AC jurusan Tegal-Purwokerto tersebut. Hasil analisis diperoleh BOK untuk bus ekonomi PO. Indah Putri sebesar Rp. 3.183,52 bus/Km.Berdasarkan LF statis sebesar 92,75 % dan LF dinamis sebesar 152,16 % diperoleh tarif sebesar Rp. 15.101,86 per pnp dan Rp. 9.205,81 per pnp dengan tarif keseimbangan sebesar Rp. 12.153,18 per pnp. Untuk bus patas AC diperoleh BOK sebesar Rp. 4.780,65 bus/Km. Berdasarkan LF statis sebesar 90,05 % dan LF dinamis 90,05 % diperoleh tarif sebesar Rp. 20.344,50 per pnp dan Rp. 20.344,50 per pnp dengan tarif keseimbangan sebesar Rp. 20.344,50 per pnp. Berdasarkan LF 70 % diperoleh tarif sebesar Rp. 26.172,83 per pnp dan berdasarkan LF 100 % diperoleh tarif sebesar Rp. 18.320,15 per pnp. Berdasarkan tarif yang diberlakukan dilapangan dengan sebesar Rp. 20.000 per pnp,bus patas AC memperoleh pendapatan sebesar Rp. 6.700.000 dengan keuntungan Rp. 504.277,60.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Load Factor (LF), Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Tarif
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 26 Jan 2011 08:45
Last Modified: 11 Jun 2012 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10058

Actions (login required)

View Item View Item