ANALISIS KINERJA DAN PENETAPAN TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (Study Kasus Bus Po. Aneka Jaya Jurusan Pacitan-Surakarta)

RIANDONO, DEDY (2010) ANALISIS KINERJA DAN PENETAPAN TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (Study Kasus Bus Po. Aneka Jaya Jurusan Pacitan-Surakarta). Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D100000186.pdf

Download (250kB)
[img] PDF
D100000186.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)

Abstract

Angkutan umum merupakan sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kinerja dan penetapan tarif angkutan umum bus PO. Aneka Jaya jurusan Pacitan-Surakarta, antara lain kecepatan, waktu sirkulasi, ketersediaan penumpang, factor muat, dan headway berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survai untuk mendapatkan data primer dan data sekunder, yang dilaksanakan pada hari, Senin 28 Januari 2008, Kamis 31 Januari 2008, dan Sabtu 2 Februari 2008. Data primer mencakup jumlah penumpang naik turun, waktu penumpang naik turun di perjalanan serta di terminal, waktu tempuh, waktu berhenti di terminal, jam berangkat dan jam tiba, kapasitas angkutan dan tarif di lapangan. Sedangkan data sekunder yang diperoleh adalah rute bus dan jadual pemberangkatan bus jurusan Pacitan – Surakarta dari DLLAJ Pacitan, harga satuan komponen, Biaya Operasi Kendaraan serta tarif dasar angkutan umum. Analisis yang dilakukan didasarkan pada pedoman teknis penyelenggaraan angkutan umum dalam trayek tetap dan teratur. Dari hasil analisis kinerja angkutan umum dan kelayakan tarif menunjukkan bahwa bus Aneka Jaya sudah tergolong baik, karena dari parameter kinerja angkutan umum yang ada sudah sesuai dengan standar yang ditentukan,hanya saja penetapan tarif pihak PO.Aneka Jaya memberlakukan tarif di atas standar dari dinas perhubungan.Berdasarkan dari analisis diperloleh,kecepatan kendaraan rata-rata 31,66 km/jam,waktu sirkulasi perhitungan sebesar 1441,33 menit,dan waktu sirkulasi di lapangan sebesar 1450,21 menit.Availability sebesar 56,6% nilai load factor 0,73, headway berkisar antara 17-115 menit.BOK berdasarkan load factor sebesar 0,70 sebesar Rp. 16.200,00 /bus-Km, sedangkan BOK berdasarkan 0,73 sebesar Rp 15.500,00 sedangkan tarif yang berlaku di lapangan sebesar Rp 17.000,00.Untuk Availability bus PO.Aneka Jaya kurang mendukung dengan jumlah penumpang yang ada.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Tarif, Angkutan Umum
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 26 Jan 2011 08:40
Last Modified: 11 Jun 2012 09:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10057

Actions (login required)

View Item View Item