EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI SUKOHARJO

PRATIWI, PRATIWI (2010) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
K100060070.pdf

Download (114kB)
[img] PDF
K100060070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumah sakit selaku penyedia jasa dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dibanding rumah sakit yang lain agar kepuasan pasien tercapai. Salah satu aspek yang perlu ditingkatkan kualitasnya adalah pelayanan di bidang farmasi. Sebagai pengguna jasa, konsumen menuntut adanya peningkatan mutu pelayanan kesehatan sehingga jarak antara harapan dan kinerja mengenai pelayanan kesehatan semakin dekat. Tujuan dari penelitian ini mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara survey lapangan dengan alat kuesioner. Respondennya adalah pasien rawat jalan yang sedang merasakan pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo. Teknik pengambilan sampelnya yaitu purposive sampling. Analisis datanya diatur dengan skala likert. Kepuasan responden diukur dengan membandingkan antara kinerja dengan harapan responden, hasil pembagian tersebut dihubungkan dengan kategori tingkat kepuasan. Selanjutnya hasil perbandingan antara kinerja dan harapan dianalisis dengan metode Importance Performance Analysis dalam diagram Cartecius. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo menunjukkan bahwa 92,0% responden dengan rata-rata tingkat kepuasan responden sebesar 0,87 adalah dalam kategori puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pasien rawat jalan, IFRS Nirmala Suri Sukoharjo
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2011 08:44
Last Modified: 25 Jan 2011 08:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10042

Actions (login required)

View Item View Item