INDEPENDENSI AUDITOR SEBAGAI MEDIASI PENGARUH PEMAHAMAN GOOD GOVERNANCE, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA AUDITOR (Studi Empiris di KAP Wilayah Surakarta & Yogjakarta)

Firdaus, Taufiq (2010) INDEPENDENSI AUDITOR SEBAGAI MEDIASI PENGARUH PEMAHAMAN GOOD GOVERNANCE, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA AUDITOR (Studi Empiris di KAP Wilayah Surakarta & Yogjakarta). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200060102.pdf

Download (454kB)
[img] PDF
B200060102.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian akuntansi keperilakuan (behavior) tentang gaya kepemimpinan, pemahaman good governance, dan independensi auditor terhadap kinerja auditor pada perusahaan bisnis manufaktur sudah sering dilakukan, tetapi masih jarang sekali dilakukan penelitian pada perusahaan bisnis non-manufaktur, seperti KAP dengan responden auditor independen. Oleh karena itu, dengan merujuk teori Otley (1980), maka isu sentral dari penelitian ini adalah Peneliti ingin membuktikan secara empiris, apakah independensi auditor sebagai variabel intervening akan memediasi pengaruh pemahaman gaya kepemimpinan dan pemahaman good governance terhadap kinerja auditor. Mengembangkan dan melakukan kajian lebih lanjut penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan teori akuntansi keperilakuan di bidang auditing. Populasi penelitian ini adalah auditor yang bekerja di KAP, yang tersebar di Solo dan Yogyakarta. Sampel penelitian ini yaitu 37 auditor yang terdapat di KAP di Solo dan di Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan metode pemilihan sampel probabilitas, berupa simple random sampling. purposive sampling dan analisis data penelitian menggunakan Analisis Path. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor dan independensi auditor. Pemahaman good governance mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor dan independensi auditor.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman good governance, Gaya kepemimpinan,Independensi Auditor,Kinerja Auditor.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 24 Jan 2011 08:36
Last Modified: 24 Jan 2011 08:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10028

Actions (login required)

View Item View Item